Makanana

Sate

Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate).

Diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab ke Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab.

Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, tetapi sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya. Versi Jepang disebut yakitori.

Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging bisa dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya, lihat daftar sate.

Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa sambal kecap, sambal kacang, atau yang lainnya. Untuk sate bebek Tambak menu lengkapnya adalah sate, saus bumbu manis kacang tanah atau bumbu pedas (menurut selera) dan irisan tomat serta mentimun. Lalu sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong. Kadang-kadang sate dimakan dengan ketupat.

Menurut bahan daging

sate ayam, sate buntel, sate kambing, sate kerang, sate kalong (terbuat dari daging kerbau), sate lalat (terbuat dari daging kambing atau ayam), sate lembat, sate pentul, sate sapi, sate udang, sate babi, sate kelinci, sate telor muda, sate torpedo, sate babi, sate jamu, sate penyu, sate siput, sate ular

Menurut daerah

sate Banjar, sate Betawi, sate Blora, sate Madura, sate Maranggi, sate Matang, sate Padang, sate Ponorogo, sate Tegal, sate sapi khas Ungaran, sate rambat (sate monyet)

Cara Membuat Sate Daging Kambing
Berikut resep dan cara membuat sate kambing:

Bahan:
1 potong paha belakang
daging kambing, gantung dan diamkan semalaman lalu potong kotak-kotak dan tusuk dengan tusukan sate

Bumbu Bakaran
4 sendok makan kecap manis
3 sendok makan bumbu kacang
2 sendok makan minyak sayur

Bumbu Kacang:
1/2 kg kacang tanah, disangan dan buang kulitnya lalu dihaluskan
1 liter santan kental
Garam dan penyedap secukupnya agar sate daging kambing semakin mantapCara Membuat:

1. Gulingkan sate daging pada bumbu bakaran lalu bakar tiga per empat matang
2.
Sate kambing dihidangkan dengan bumbu kacang yang dicampur 3 sendok makan kecap manis, bawang merah rajangan, cabai rawit rajangan dan acar.

Gado Gado

Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau terkadang juga disajikan dengan lontong.

Bahan bahan

1.Sayuran

Sayur-sayuran yang sering digunakan dapat bervariasi, walau sayuran yang biasa digunakan adalah:

  • Sayuran hijau yang diiris kecil-kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, dan tauge.
  • Sayuran lainnya seperti wortel dan mentimun.
  • Tomat
  • Kentang rebus yang diiris.
  • Telur rebus.

Dengan perkecualian telur dan kentang rebus, sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih dalam keadaan mentah. Walau terkadang sayuran seperti kubis dan bunga kol bisa juga direbus air panas. Ada juga sayuran yang terkadang dimasak dengan uap air panas.

2. Saus kacang

Salah satu perbedaan gado-gado dari salad sayuran lainnya adalah saus kacang yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi. Bahan yang biasa digunakan adalah:

  • Kacang goreng yang dilumatkan
  • Bawang putih
  • Cabai, Merica
  • Air jeruk nipis

Terkadang juga ditambah:

  • Santan
  • Kecap
  • Terasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s